[my favorite] edguy

Dimulai dengan usia yang sangat belia (14 tahun) Tobbias Sammet bersama teman-teman seusianya Jens Ludwig, Dirk Sauer, and Dominik Storch sepakat membentuk sebuah band rock yang kemudian diberi nama Edguy, yang terinspirasi oleh nama guru matematika mereka kala itu yaitu Mr. Edgar Siedschlag. Terbentuk di Jerman pada tahun 1992, Edguy menghasilkan demo yang kemudian dilanjutkan dengan kontrak rekaman dengan AFM records tahun 1995

Dua album pertama relatif tidak memberikan sesuatu hasil yang baik buat mereka, album ketiga mereka “Vain Glory Opera” yang dirilis pada tahun 1998, membuat mereka mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat rock baik di Jerman maupun negara lain. Sejak berdirinya pada tahun 1992 hingga kini, Edguy relative cukup banyak menghasilkan album, baik yang berupa album studio maupun album konser, tidak kurang dari 8 album rekaman studio , 2 album konser dan 2 album kompilasi.

Aliran musik yang diusung oleh Edguy dapat dikategorikan sebagai aliran Power Metal, suatu aliran musik rock yang cukup banyak diminati oleh banyak band rock muda di Eropa, seperti misalnya adalah Stratovarius, Sonata Arctica, Vision Devine dsb. Dan power metal ini mempunyai tempat tersendiri di hati para pencinta musik rock di Eropa.

Sejak dibentuk pada tahun 1992 Edguy tidak sedikit mendapatkan dukungan dari musisi di luar Edguy baik dalam konser maupun dalam studio rekaman, beberapa musisi yang pernah menjadi musisi tamu dalam album Edguy ini antara lain adalah Timo Tolki (ex Stratovarius, Revolution Renaissance) dan Michael Kiske (ex Helloween). Saat ini line up Edguy adalah Tobbias Sammet (vocal), Jens Ludwig (lead guitar), Dirk Sauer (rhythm guitar), Tobbias Exxel (bass) dan Felix Bohnke (drums).

Tobbias Sammet sebagai frontman di group ini juga mempunyai suatu proyek sampingan yang sampai saat ini masih terus dipertahankan dan berjalan yaitu Avantasia. Di mulai dengan suatu konsep yang unik, Avantasia juga dapat dikatakans eabgai suatu proyek yang berhasil, album pertama Avantasia ini bertajuk Metal Opera, yang kemudian dilanjutkan dengan Metal Opera II dan album ketiga adalah Scarecrow.  Proyek Avantasia ini melibatkan lebih banyak musisi internasional dalam penggarapan beberapa albumnya, musisi tersebut antara lain adalah Michael Kikse (eh Helloween, Place Vendom), Sharon den Adel (Within Temptation), Andre Matos (ex Angra), Kai Hansen (ex Helloween, Gamma Ray), Timo Tolki (ex Stratovarius, Revolution Renaissance), Alice Cooper, Eric Singer (Kiss), Russell Alen (Symphony X), Klaus Maine (Scorpions), Tim “Rippers” Owens (ex Judas Priest, ex Iced Earth). Dikabarkan pada tahun 2010 ini Avantasia akan merilis sekaligus 2 album studio.

Explore posts in the same categories: rock music

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: