[my favorite] asia

Group band ASIA ini merupakan bentukan dari 4 orang musisi progressive rock yang “sepertinya” saat itu sedang jenuh untuk memainkan musik progressive, dan akhirnya kolaborasi 4 orang ini menghasilkan suatu karya yang luar biasa dibawah bendera ASIA. Keempat musisi ini merupakan musisi yang memang sudah eksis di band nya masing – masing yaitu Steve Howe (gitar- berasal dari group Yes), Carl Palmer (drum-berasal dari group Emerson Lake and Palmer), John Wetton (bass & vocal – berasal dari group King Crimson) dan Geoff Downess (keyboard – berasal dari Yes).

Sejarah ASIA ini dimulai pada tahun 1981 ketika supergroup ini dibentuk oleh keempat anggotanya dan kemudian dilanjutkan dengan rilis album pertama dengan judul yang sama yaitu ASIA dan mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari masyarakat dunia. Album self title ini berhasil mencapai puncak top chart album di Billboard dan juga diganjar 4 platinum dari RIAA. Salah satu lagu andalan dari album ini adalah Heat of The Moment. Keberhasilan album perdana ini rupanya menjadi pemicu untuk menghasilkan album keduanya yang berhasil dirilis satu tahun kemudian, tahun 1983 album kedua pun rilis dengan judul Alpha. Dengan mengusung konsep yang tidak jauh berbeda dari album pertama, album kedua ini juga berhasil mendapatkan Platinum atas penjualannya, serta 2 lagu andalan yang berhasil masuk chart di Billboard yaitu: Don’t Cry dan The Smile Has Left Your Eyes.

Sayangnya setelah album Alpha ini, satu persatu member asli mulai hengkang, dimulai dengan mundurnya Steve Howe pada album ketiga berjudul Astra. Selanjutnya ASIA mengalami gonta ganti personil yang cukup sering. Beberapa musisi yang pernah bergabung di ASIA ini antara lain adalah Greg Lake, Al Pitrelli, Chris Slade, Mandy Mayer, John Payne, Pat Thrall dan beberapa musisi lainnya.

Salah satu musisi yang cukup lama bertahan di ASIA adalah John Payne yang bergabung sejak tahun 1991 dan bersama Geoff Downes yang merupakan satu satunya original line up yang masih bertahan di ASIA, mereka terus menghasilkan album demi album dibawah bendera ASIA. Permasalahan mulai muncul ketika pada awal tahun 2006 original line up ASIA bersepakat untuk melakukan reuni dan kemudian dilanjutkan dengan produksi satu album studio yang berjudul Phoenix pada tahun 2008. Hal ini membuat kekecewaan bagi John Payne yang merasa tiba tiba “ditendang” keluar dari ASIA. Akhirnya John Payne bersama anggota band ASIA lainnya (diluar Geoff Downess) membentuk suatu band tersendiri dengan tetap mempergunakan nama ASIA, “ASIA featuring John Payne” begitulah nama group bentukan John Payne beserta member ASIA lainnya. Sementara original line up tetap melakukan konser dunia dan menghasilkan album baru dengan dibawah bendera “ASIA”. Dan dikabarkan pada tahun 2010 ini ASIA akan kembali merilis album studio terbaru mereka dengan nama Omega. Sementara “ASIA featuring John Payne” saat ini juga berencana untuk merilis satu album studio terbaru mereka dengan judul Arcana.

Dengan tetap konsisten berada di jalur Hard Rock, ASIA selama perjalanan nya sejak tahun 1981 sampai saat ini tercatat telah merilis 11 buah album studio: Asia (1982), Alpha (1983), Astra (1985), Then & Now (1990), Aqua (1992), Aria (1994), Arena (1996), Rare (1999), Aura (2001), Silent Nation (2004), Phoenix (2008). Sementara tahun 2010 ini ASIA (original line up) berencana untuk merilis album ke 12 berjudul Omega.

Explore posts in the same categories: rock music

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: