album rock & metal yang ditunggu di 2010

Di tahun 2009 ini para penggemar musik rock cukup dimanja dengan hadirnya karya karya terbaru dari beberapa group rock dunia. Ada beberapa group yang telah cukup lama “beristirahat” dan pada tahun 2009 lalu kembali menghasilkan studio album, seperti misalnya adalah Rammstein, KISS. Ada ada juga beberapa band yang meneruskan tradisi secara regular menghasilkan studio album seperti misalnya adalah Bon Jovi, Dream Theater. Serta album album studio dari group besar antara lain adalah U2, Metallica, Europe, Slayer dan beberapa group lainnya.

Tahun 2009 juga ditandai dengan hadirnya suatu proyek kolaborasi baru antara 2 mantan personil Van Halen yaitu Michael Anthony dan Sammy Hagar yang berkolaborasi dengan Joe Satriani beserta Chad Smith yang membentuk suatu pryek yang bernama Chickenfoot dan merilis album dengan judul yang sama.

Tahun ini juga merupakan tahun cukup menggembirakan bagi para penggemar musik rock Indonesia, dimana pada tahun ini salah satu legenda musik rock Indonesia God Bless kembali meluncurkan album studio terbarunya yang bertajuk 36 tahun. Disamping itu beberapa nama besar juga merilis albumnya di tahun ini yaitu: Boomerang dan Jamrud.

Sebagai salah satu penikmat musik rock, tentunya ada suatu harapan yang tinggi agar di tahun 2010, akan lebih banyak album studio berkualitas yang dirilis, baik dari group mancanegara maupun group lokal.

Ada beberapa album studio yang memang saya pribadi tunggu kehadirannya pada tahun 2010 ini. Diawali dengan suatu project yang dipimpin oleh Tobbias Sammet yang bernama AVANTASIA. Tahun 2010 ini Avantasia berencana untuk meluncurkan sekaligus 2 album studio dengan materi yang total baru, dan tentunya seperti biasa Avantasia akan melibatkan banyak nama besar musisi dari berbagai band, seperti misalnya Klause Meine (Scorpions), Ripper Owens (ex Judas Priest), Michael Kiske (ex Helloween), Jorn Lande (Masterplan), Russell Allen (Symphony X), Eric Singer (KISS), Andre Matos (Angra), Bruce Kulick (KISS) dan beberapa musisi lainnya. Kedua album studio tersebut akan bertajuk The Wicked Symphony dan Angel of Babylon yang rencananya akan rilis pada 3 April 2010.

Selanjutnya adalah salah satu band yang berasal dari Sao Paolo, Brazil dengan sub genre Power Metal yang rencananya juga akan menghasilkan sebuah album studio di tahun 2010 yaitu ANGRA, group ini relatif sudah cukup lama tidak menghasilkan album, dimana terakhri album studio mereka adalah tahun 2006 yaitu Auro Consurgens.

Walau para musisi group ini relatif bukan anak muda lagi, tapi eksistensi Steve Howe, Geoff Downes, Carl Palmer dan John Wetton masih tetap berkibar dibawah bendera ASIA, setelah meluncurkan album Phoenix (2008) yang merupakan album reuni mereka, tahun 2010 ini Asia berencana untuk merilis satu album studio. Menyisakan konflik dengan John Payne yang merasa juga mempunyai hak untuk menyandang nama Asia, Payne membentuk group (atau project) dengan nama Asia feat John Payne yang juga berencana untuk merilis album studio di tahun 2010 mendatang.

Satu project yang pantas ditunggu ditahun 2010 ini adalah SLASH & FRIENDS yang rencananya akan merilis album dengan judul yang sama pada April 2010. Project ini patut ditunggu bersama karena di project ini Slash akan melibatkan Izzy Stradlin, Steven Adler & Duff Mc Kagan yang notabene adalah original line up dari Guns N Roses minus Axl. Di project ini ada beberapa musisi senior lainnya yang akan juga terlibat yaitu Ozzy Osbourne, Flea, Iggy Pop, Dave Grohl dan Kid Rock.

Nama VAN HALEN mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemar musik rock, walau didera beberapa masalah internal, Van Halen berencana untuk merilis album studio terbaru mereka di tahun 2010 bertajuk Encore. Penampilan Van Halen ini menjadi salah satu penampilan yang ditunggu tunggu karena menampilkan kembali vokalis pertama mereka yaitu David Lee Roth untuk menggantikan posisi Sammy Hagar. Disamping Lee Roth, formasi Van Halen terbaru ini juga akan diperkuat oleh Wolfgang Van Halen yang akan bermain bass, yang tidak lain adalah putra Eddie Van Halen.

Selain beberapa album tersebut diatas, ada beberapa group senior yang juga akan mewarnai musik rock tahun 2010 dengan meluncurkan album terbaru mereka yaitu antara lain adalah SCORPIONS yang rencananya akan merilis album bertajuk Sting in the Tail pada tahun 2010. Kemudian juga DEF LEPPARD, WHITESNAKE, RUSH, IRON MAIDEN, DEEP PURPLE dan EDGUY adalah group-group band rock yang berencana untuk memasuki studio rekaman dan merilis album terbaru mereka di tahun 2010 mendatang ini.

Sementara itu satu group pendatang baru di kancah musik progresif Indonesia yang berencana untuk merilis album perdananya dan memang sudah saya tunggu dari tahun lalu karena kebanyakan personil adalah teman baik yaitu band MONTECRISTO. Yang konon kabarnya sedang mixing saat ini yang dilakukan oleh seorang maestro rock Indonesia.

Mari kita tunggu album – album rock yang akan memanjakan kita di tahun 2010 mendatang.

Explore posts in the same categories: rock music

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

2 Comments on “album rock & metal yang ditunggu di 2010”

  1. kitong Says:

    keren banget om..
    banyak banget band jadul yang mau keluarin album baru nya..
    btw slash & snakepit itu gmn om, apa cuma album doang atau band?

    album slah & friend itu di kerjain bareng ama dave grohl foo fighter, flea RHCP ya om? keren tuh albumnya

    • rizanovara Says:

      slash & snakepit kayanya sudah berhenti disitu aja…
      mereka sempat bikin album klo gak salah ada 2

      album slash & friends itu yang ditungu tunggu
      hehehhe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: