[itb ku] alumni yang menyedihkan

Selama beberapa pekan terakhir ini alumni ITB Jakarta disibukkan dengan acara tahunan yaitu pemilihan Ketua Alumni ITB Pengurus Daerah Jakarta dan sekitarnya. Pemilihan dilakukan pada tanggal 11 Desember 2009, tetapi pembicaraan dan  perdebatan mengenai hal ini terus berlangsung, yang akhirnya membuat saya juga merasa terpanggil untuk ikutan berkomentar.

Salah satu isu penting yang menjadi perdebatan sengit dan menjadi suatu kampanye negative salah satu kandidat adalah bahwa salah satu kandidat yang berpotensi adalah kandidat yang tidak memiliki ijazah ITB, hal ini disebabkan kandidat yang bersangkutan tersangkut kasus politik yagn dijalankan oleh mahasiswa ITB waktu itu dan akhirnya berujung dengan pengadilan dan hukuman yang kemudian kesempatan ini juga dipergunakan oleh Rektor ITB pada saat itu untuk membersihkan aktivis – aktivis kampus pada saat itu, walau tidak berhasil membersihkan semuanya, tapi tidak sedikit pimpinan mahasiswa yang terkena dampak dan aksi tersebut.

Layakkah seorang yang pernah mengeyam kuliah di ITB selama lebih dari 4 semester untuk menjadi seorang pemimpin alumni ITB?

Inilah pertanyaan kunci yang menjadi polemik dan bahan perdebatan banyak pihak, dan berikut adalah opini saya pribadi mengenai hal ini.

(1) Suatu organisasi diatur oleh suatu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan atau visi misi yang telah ditetapkan bersama oleh anggotanya. Dan apabila mengacu kepada AD ART Ikatan Alumni ITB, secara jelas menyebutkan bahwa definisi dari alumni ITB adalah mahasiswa/I yang pernah mengeyam pendidikan di ITB minimum 2 semester. Sehingga dari AD ART ini jelas bahwa tidak perlu seseorang memiliki ijazah ITB untuk dinyatakan sebagai alumni ITB. Dan setiap alumni ITB mempunyai hak yang sama untuk memilih dan dipilih sebagai Ketua Ikatan Alumni ITB. Jadi jawaban terhadap pertanyaan kunci tersebut sudah jelas.

Konsep atau pemahaman mengenai alumni seperti ini bukan saja terjadi di ITB, secara internasional definisi alumni juga mengarah kepada suatu konsep yang sama

An alumnus (pl. alumni) according to the American Heritage Dictionary is “a graduate (JC) or former student of a school, college, or university

(2)  Ikatan Alumni bukanlah suatu organisasi yang sifatnya membutuhkan keahlian tertentu, bukanlah suatu organisasi yang membutuhkan predikat tertentu. Tetapi lebih kepada perkumpulan dari semua orang yang berasal dari suatu kampus yang sama. Pemilihan ketua perkumpulan ini dimaksudkan agar dapat menjalankan organisasi dan memajukan perkumpulan ini ke jenjang atau level yang lebih baik atau tinggi. Jadi kata kunci dalam memilih ketua dari organisasi ini adalah Integritas dan Kepemimpinan.

Seperti halnya di banyak perusahaan besar, pemilihan CEO dari suatu perusahaan adalah berdasarkan integritas, kepemimpinan dan kapabilitas dalam melakukan tugasnya. Hal lain adalah menjadi pertimbangan berikutnya. Hal ini secara riil bisa kita lihat antara lain adalah:

– Seorang alumni jurusan arsitek ITB pernah memimpin IBM
– Seorang alumni jurusan teknik fisika ITB memimpin Pertamina
– Seorang alumni farmasi ITB menjadi menteri perhubungan
– Dan banyak contoh lainnya

Sangat menyedihkan sebenarnya ketika banyak alumni ITB sendiri justru tidak mampu untuk menerima kenyataan ini, dan malah berpikir secara sangat sempit serta mengangkat isu isu yang tidak pantas dalam pemilihan Ketua Alumni ITB Kepengurusan Jakarta dan sekitarnya lalu.

Sementara di belahan dunia lain, ternyata masyarakatnya sudah bisa menerima dan berpikir lebih global ketika Fujimori (keurunan Jepang) berhasil memenangkan pemilu Presiden di Peru.

Ahhhh menyedihkan sekali bukan??

Explore posts in the same categories: my concern

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: