[movie] Perang Ninja di Eropa

Sebuah film laga dengan materi Ninja telah hadir dengan judul Ninja Assassin. Tema Ninja ini ternyata masih tetap menarik bagi para sineas Hollywood, setelah booming film dengan tema ini berlalu di era 80 – 90 an.

Di sutradarai oleh James Mc Teigue (V for Vendetta), film laga ini berjalan dengan tempo yang cukup cepat dan diwarnai dengan beberapa adegan yang digambarkan dengan cukup ”berlebihan” yang mengingatkan kita kepada model film Kill Bill dimana pertarungan digambarkan penuh dengan darah yang berceceran dimana mana. Alur ceritanya sendiri berjalan dengan sederhana dan cenderung dapat diprediksi.

Adalah seorang Raizo (yang diperankan oleh Rain, seorang aktor Korea) yang berhasil dididik untuk menjadi seorang Ninja sejati yang mempunyai kemampuan super, tetapi Ozunu (diperankan dengan baik oleh Sho Kosugi) sebagai pemimpin kelaurga klan Ozunu tidak berhasil membentuk Raizo untuk menjadi seorang pembunuh yang tidak berperikemanusiaan. Raizo lebih memilih mengikuti hati nuraninya dan kemudian melawan keluarga klan Ozunu yang membersarkannya. Konfilk menjadi semakin bertambah ketika klan Ozunu berencana untuk membunuh agen Europol, Mika (yang diperankan oleh Naomie Harris) yang tengah menyelidiki lebih lanjut keterlibatan Ninja dalam beberapa pembunuhan yang terjadi. Dan akhirnya perang antara Raizo dan ”saudara-saudara” Ninja nya pun terjadi. Banyak adegan flashback yang terjadi untuk membangun latar belakang perkembangan yang terjadi pada Raizo, sehingga latar belakang ini tersampaikan dengan cukup lengkap, sayangnya justru dijalinan cerita utamanya sendiri terjadi beberapa missing link yang mengakibatkan terjadinya ketidakjelasan terhadap alur cerita.

Sebagai suatu film laga, Ninja Assassin berhasil menghibur dengan menampilkan adegan adegan laga yang cepat dan menarik, walau terkesan belebihan dimana eksploatasi adegan pertarungan ditampilkan darah yang bermuncratan disana sini. Bagi para penggemar dan pemerhati film Ninja, jangan terlalu berharap akan dapat melihat berbagai macam senjata yang biasanya ditampilkan dalam film film Ninja. Di film ini tidak banyak senjata yang dipergunakan, terbatas hanya pada penggunaan katana, shuriken dan kusarigama ”modifikasi” (yang sepertinya menjadi senjata andalan dari Raizo). Salah satu daya tarik film Ninja sebenarnya adalah penampilan berbagai senjata andalan seperti misalnya adalah nunchaku, tonfa, jo, sai, manrikigusari dan beberapa senjata andalan lainnya, sayang senjata senjata ini sama sekali tidak tampil di film ini. Disamping itu ada beberapa ketidak laziman yang terlihat didalam film ini, misalnya adalah penggunaan 2 katana sekaligus yang dipergunakan oleh Ninja, adalah sesuatu yagn tidak lazim dan juga penggunaan katana pada pertarungan akhir antara Raizo dan Ozunu, dimana Ozunu mempergunakan katana yang tidak lazim dipergunakan oleh Ninja.

Terlepas dengan semua kekurangan atau kejanggalan yang ada, Ninja Assassin adalah film laga hiburan yang layak dinikmati tanpa suatu beban tertentu, tidak perlu memikirkan logis atau tidaknya, toh ini hanya sebuah hiburan belaka yang tidak perlu mendapatkan appresiasi atau tinjauan lebih. Penampilan para aktor dan aktris di film ini pun dapat dikatakan tidak terlalu istimewa, malah sebenarnya pemilihan Rain untuk memerankan Raizo menjadi suatu tanda tanya tersendiri, mengingat Rain adalah seorang Korea dengan wajah yang sangat Korea, walaupun tidak tertutup kemungkinan adanya seorang Ninja Korea (karena beberapa film juga pernah menampilkan Ninja bule, seperti Michael Dudikoff di American Ninja, maupun Franco Nero di Enter the Ninja). Satu satunya penampilan yang menonjol adalah penampilan Sho Kosugi yang berhasil dengan baik memerankan dan membangun karakter Ozunu yang tegas, keras dan tidak mengenal belas kasihan. Sebagai seorang ahli Ninjutsu, penampilan ini adalah merupakan come back dari Sho Kosugi setelah booming film film Ninja pada dekade 80 – 90 an.

Review: 6/10

Explore posts in the same categories: review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: