[scientific research] Studi Kekesatan (Skid Resistance) Pada Permukaan Landasan Pacu

Pada studi ini dilakukan penelitian mengenai karakteristik permukaan landasan pacu yang meliputi dua hal yaitu kekesatan permukaan dan kedalaman tekstur dari permukaan landasan pacu Selatan Bandar Udara International Soekarno – Hatta, Jakarta.

Karakteristik yang ditinjau, selain nilai dari kekesatan permukaan dan kedalamantekstur, juga meliputi perubahan nilai yang terjadi sepanjang landasan pacu dan hubungan antara nilai kekesatan permukaan dan kedalaman tekstur

Dalam melakukanpenelitian, panjang landasan pacu dibagi menjadi 4 daerah, dan lebar landasana pacu dibagi menjadi 4 zona. Pembagian ini dimaksudkan untuk mempermudah penelitian dan pengambilan sample. Data yang didapat dari pengujian lapangan, dianalisis dengan cara statistic.

Dari hasil statisitik yang dilakukan terlihat bahwa kekesatan permukaan pada kedua ujung landasan lebih besar daripada kekesatan pada bagian tengah landasan. Nilai kedalaman tekstur pada ujung Timur landasan adalah paling kecil. Nilai kedalaman Tekstur semakin besar ke arah tengah landasan.

Jakarta, Januari 1995

Disusun sebagai persyaratan menyelesaikan Program Sarjana di

Jurusan Teknik Sipil

Universitas Katholik Parahyangan

Explore posts in the same categories: research

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: