[scientific research] Identifikasi Pembiayaan Lingkungan Akibat Pembangunan Kawasan Industri (Studi Kasus: Kawasan Industri Lippo City, Bekasi Jawa Barat)

Pembangunan yang dijalani bangsa Indonesia ini adalah sebagai suatu proses yang berlangsung dalam suatu kurun waktu yang panjang.

Dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung ini baik secara sadar maupun tidak, bangsa Indonesia mulai memasuki era industrialisasi atau dengan kata lain menuju negara industri. Proses industrialisasi ini mempunyai satu karakterisitik yang pasti yaitu digunakannya teknologi dalam suatu proses produksi untuk mencapai effisiensi yang tinggi dalam produksi tersebut. Proses industri ini terus berkembang dari waktu ke waktu dan ditandai dengansemakin berkembangnya teknologi produksi ini, bahkan dapat dikatakan bahwa perkembangan teknologi ini mengikuti grafik eksoponensial, dimana perkembangan dalam suatu kurun waktu akan meningkat dengan pesat. Pemanfaatan teknologi tinggi ini dalam proses berproduksi ini akan meningkatkan effisiensi produksi dan juga meningkatkan kualitas dari barang produksi tersebut. Tetapi disamping meningkatkan kualitas da kuantitas dari barang produksi ini, pemanfaatan teknologi tinggi ini diikuti dengan suatu permasalahan yang kompleks yaitu permaslahan lingkungan.

Dari proses industrialisasi yang berlangsung dalam sutau kurun waktu, terlihat bahwa penggunaan teknologi tinggi ini akan berbanding lurus dengan terjadinya peningkatan kerusakan lingkungan yang terjadi akibat penggunaan teknologi tersebut. Karena proses perkembangan dari teknologi tinggi ini tidak dapat dicegah maka timbullah upaya – upaya pencegahan dan penanggulangan dari pencemaran lingkungan ini. Dan kemudian muncullah pemikiran-pemikiran untuk melakukan pembangunan dengan tidak mencemari lingkungan, sehingga kemudian mulailah dikembangkan teknologi – teknologi pengolahan limbah.

Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang sedang dalam proses Industrialisasi ini, juga menyadari akan perlunya pelestarian lingkungan sehingga kemudian dicanangkan suatu Pembangunan Yang Berwawasan Lingkungan. Salahs atu upaya pencegahan dan pengendalian lingkungan yang dilakukan adalah dengan adanya kewajiban utnuk melakukan suatu studi lingkungan sebelum suatu kegiatan industri dilaksanakan, dimana studi tersebut dikenal dengan studi Analisis Dampak Lingkungan.

Suatu kegiatan industri yang berlangsung dan menimbulkan dampak negatif akan mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas lingkungan. Penurunan kualitas lingkungan ini dapat diukur dengan nilai ekonomis, salah satu caranya adalah dengan menghitung besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengelola pencemaran yang terjadi dengan menggunakan sejkumlah teknologi-teknologi pengolahan limbah yang telah berkembang. Studi ini disamping untuk menemukenali karakteristik pembiayaan lingkungan, juga menemukenali proporsi pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan lingkungan ini, dan seberapa besar pihak-pihak tersebut bertanggung jawab terhadap pengelolaan lingkungan yang seharusnya mereka laksanakan.

Diharapkan dari studi ini dapat menambahkan kesadaran akan pengintnya menjaga kelestarian lingkungan dan juga memahami betapa besarnya biaya lingkungan yang harus dikeluarkan untuk mengelola pencemaran. Tetapi biaya tersebut tidaklah ada artinya jika dibandingkan dengan kelestarian bumi, tempat mahluk hidup ini melangsungkan kehidupannya

Jakarta, 1994

Disusun sebagai persyaratan menyelesaikan Program Sarjana di

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Institut Teknologi Bandung

Explore posts in the same categories: research

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: