JAKARTA KU…….

Dalam salah satu media cetak yang terbit beberapa hari lalu di Jakarta, ada satu artikel yang membuat saya tertarik, bertajuk: “Setelah 2 tahun masa kepemimpinannya, Fauzi Bowo belum tuntaskan 17 masalah perkotaan”, pernyataan ini dikeluarkan oleh Rudy P Tambunan, pakar Perkotaan dari Universitas Indonesia.

Ada beberapa masalah perkotaan penting yaitu: masalah banjir, penurunan muka tanah, maraknya kawasan kumuh, persampahan, transportasi dan perbaikan angkutan umum (apakah yang dimaskud mass rapid transportation??)

Sepertinya beberapa hal yang disebutkan secara terperinci diatas memang adalah suatu masalah yang dalam beberapa tahun terakhir ini tidak pernah mempunyai solusi yang jelas atau memadai (baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang). Sayangnya ke tujuh belas masalah perkotaan tersebut tidak diperinci semuanya, sehingga kita tidak tahu dengan persis apa saja.

Dilain sisi ada suatu penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis yang menghasilkan suatu kajian bahwa dari 2,000 responden warga Jakarta, 7.14% menyatakan sangat puas terhadap kepemimpinan Fauzi Bowo, 43.84% menyatakan puas dan 27.59% tidak puas.

Ada tanda tanya besar yang muncul di pikiran saya saat ini:

Apakah ini sample ini memang mewakili populasi masyarakat Jakarta???

”Kebelumberhasilan” Pemda DKI dalam mencari solusi terhadap masalah perkotaan yang utama di Jakarta selama periode 2 tahun ini, apakah bukan menjadi suatu pertanyaan besar bagi kita semua yang tinggal di Jakarta??

Apabila dinyatakan Fauzi Bowo belum menuntaskan 17 masalah perkotaan di Jakarta, 17 masalah ini dari berapa masalah yang ada??

Apabila dalam awal periodenya bisa diidentifikasikan bahwa ada 300 masalah perkotaan di Jakarta yang butuh solusi, maka apabila sekarang tinggal 17, Fauzi Bowo mungkin dikatakan berprestasi (kenapa ”mungkin”?, karena saat ini masalah besar yang terjadi di Jakarta belum terselesaikan, banjir, kemiskinan perkotaan, transportasi umum, …)

Sebaliknya apabila dalam awal periodenya ternyata diidentifikasikan bahwa ada 10 masalah perkotaan di Jakarta yang butuh solusi, maka ini berarti keberadaan Fauzi Bowo justru menambah masalah bukan???

tulisan ini pernah dimuat di Facebook Group KOTA KITA

Explore posts in the same categories: my concern

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: