[Komunitas] tentang komunitas 2

Perkembangan teknologi telah banyak membantu kehidupan manusia, salah satunya yang telah berkembang penggunaannya adalah penggunaan internet. Internet dengan segala fasilitasnya telah banyak merubah kultur kehidupan manusia atas kemudahan yang ditawarkannya. Salah satunya adalah penggunaan email atau surat elektronik pun telah berkembang dimana sebelumnya hanya dipergunakan sebagai media komunikasi terbatas, saat ini juga banyak dipergunakan segai media komunikasi informasi dan media pergaulan yang kemudian munculnya komunitas-komunitas maya dengan memanfaatkan fasilitas mailing list

Komunitas yang terbentuk dengan berbasiskan komunikasi melalui groups ini dapat dikategorikan sebagai bentuk komunitas yang sifatnya adalah kelompok diskusi. Ada beberapa karakteristik dari komunitas seperti ini yaitu antara lain adalah:

  • Tidak ada batasan geografi yang membatasi keanggotaan atas komunitas ini.
  • Organisasi tanpa bentuk
  • Keanggotaan yang relatif mudah
  • Flexible dalam urusan waktu
  • Tidak ada keterbatasan waktu

Dengan karakteristik seperti ini maka komunitas maya ini mempunyai kemungkinan untuk berkembang secara kuantitas lebih baik jika dibandingkan dengan komunitas yang berbasiskan kelompok aksi, tetapi komunitas seperti ini bukan berarti tanpa resiko. Ada beberapa konsekuensi yang muncul dari karaktersitik seperti ini yaitu:

Hubungan dan interaksi sosial yang rendah antara anggota membuat loyalitas terhadap komunitas dan sesama anggota komunitas maya ini menjadi relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan komunitas yang berbasiskan aksi

Dengan sifat keanggotaan yang terbuka dan rendahnya loyalitas, keanggotaan dari komunitas ini bisa berubah dengan cepat, bertambah berkurang dengan cepat.

Dengan mengandalkan identitas berdasarkan alamat email maka komunitas ini mempunyai kekurangan dalam pengelolaan anggota, seperti misalnya seleksi atau pengelolaan lainnya dalam berkomunikasi didalam milis.

Tantangan yang utama dari pengelola milis ini adalah:

  • Mengatur agar komunikasi antara anggota dapat berjalan dengan baik dan meminimalkan resiko terjadinya komunikasi yang sifatnya menyerang satu sama lain.
  • Mempertahankan agar milis tetap menarik bagi anggota maupun anggota baru.

Pengelolaan komunitas maya bukanlah suatu hal yang mudah, tapi apabila dikelola dengan baik tentunya akan memberikan manfaat bagi semua anggota. Dan apabila dikembangkan dengan baik dan serius, komunitas ini bisa juga menghasilkan keunguntan ekonomis bagi semua pihak yang terlibat.

Explore posts in the same categories: business & management

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: