[Komunitas] tentang komunitas

Dalam beberapa waktu terakhir ini istilah komunitas sering menjadi perbincangan bagi banyak orang. Komunitas ini sebenarnya bukanlah barang baru, tetapi suatu bentuk organisasi yang terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai interest yang sama. Interest tersebut bisa berupa penggunaan atas sutau produk tertentu, atau hobi tertentu maupun hal hal lainnya yang bisa menjadi pengikat satu dan lainnya. Bukan hal yang baru, karena sesungguhnya pengorganisasian seperti ini sudah ada sejak lama, hanya mungkin dalam istilah yang berbeda.

Komunitas ini menjadi suatu perbincangan yang muncul akhir akhir ini, karena akhirnya disadari bahwa keberadaan komunitas ini mempunyai potensi yang cukup besar. Bagi produsen suatu produk tertentu, keberadaan komunitas pengguna produk tersebut merupakan suatu potensi pasar yang sangat baik. Hal ini disebabkan karena potensi pasar yang sudah ter segmentasi dalam pengelompokan ini memudahkan produsen untuk menjangkau pasarnya dengan lebih baik. Bahkan tidak sedikit produsen yang kemudian menjadi principal dalam komunitas tersebut, dan juga produsen ini berada dibelakang komunitas tersebut sebagai pendukung utama.

Disamping komunitas yang yang mendapatkan dukungan penuh dari produsen tertentu, banyak juga komunitas yang berkembang secara independen, tanpa adanya orientasi terhadap suatu brand atau produk tertentu. Komunitas ini bisa dilandasi oleh suatu hobby tertentu atau pekerjaan tertentu yang kemudian berkembang menjadi suatu kelompok diskusi maupun kelompok aksi, atau kombinasi keduanya.

Perkembangan Teknologi pun telah mempermudah komunikasi bagi para anggota komunitas dan bahkan keberadaan dan peningkatan para pengguna internet juga mendukung munculnya komunitas-komunitas maya ayng berawalkan sebgai kelompok kelompok diskusi. Komunitas dengan berbasiskan komunikasi melalui internet atau email dan sejenisnya ini mempunyai potensi untuk berkembang dengan luar biasa, karena tidak ada batasan geografis,usia maupun keterbatasan lainnya yang dimiliki oleh komunitas yang berbasiskan kelompok aksi. Tapi bukan berarti bahwa komunitas seperti ini tidak mempunyai kekurangan atau ancaman. Komunitas yang terbentuk atas dasar kelompok diskusi mempunyai kecenderungan ikatan atau hubungan antara anggota lebih lemah jika dibandingkan dengan komunitas yang terbentuk atas dasar kegiatan atau aksi.

Apapun dasarnya keberadaan komunitas mempunyai potensi untuk memberikan manfaat baik secara social maupun ekonomi. Yang menjadi bagian penting adalah menjaga eksistensi komunitas tersebut agar tetap terjaga dan tumbuh baik secara kualitas maupun kuantitas, dan ini menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pengelola komunitas tersebut.

Explore posts in the same categories: business & management

Tags:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: