[Family Business] Penting bagi perekonomian bangsa

Perusahaan yang kepemilikannya didominasi oleh pihak pihak yang mempunyai hubungan kekeluargaan mempunyai peran penting bagi perekonomian suatu negara. Mengapa demikian? Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan kepemilikan seperti ini mendominasi sekitar 80 – 90% dari total perusahaan yang beroperasi, suatu proporsi yang jelas mendominasi dunia usaha. Tetapi sayangnya kurang lebih hanya sepertiga dari perusahaan tersebut yang berhasil dilanjutkan oleh kepemilikan generasi keduanya dan kemudian dengan proporsi yang lebih kecil turun kepada generasi ketiga.

Memang banyak hal yang menyebabkan kegagalan suatu usaha, dan perusahaan yang kepemilikannya didominasi oleh anggota keluarga atau perusahaan yang dikelola secara kekeluargaan mempunyai tantangan yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan dengan karakter yang berbeda. Disamping menghadapi tantangan dan permsalahaan bisnis yang dihadapi secara umum, maka perusahaan yang didominasi oleh keluarga atau dikelola dengan system kekeluargaan mempunyai tantangan tambahan berupa kultur kekeluargaan didalam suatu perusahaan.

Kultur kekeluargaan ini bisa menjadi suatu kekuatan, tapi juga dapat menjadi suatu kendala dalam suatu perusahaan. Kesadaran atas pentingnya memahami tantangan dalam kultur kekeluargaan ini menjadi suatu hal yang penting bagi kelangsungan suatu usaha yang berbasiskan kultur keluarga. Suksesi, Conflict Management, Strategic Planning adalah hal hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus untuk dapat menghadapi tantangan ini.

Perusahaan dengan kultur kekeluargaan ini sangat mendominasi usaha dengan skala kecil menengah dan ini mempunyai peran yang tidak kecil terhadap perekonomian nasional. Bisa dibayangkan apabila tantangan ini bisa diselesaikan dengan baik sehingga resiko terhadap kegagalan perusahaan karena kultur kekeluargaannya ini bisa dikurangi, hal ini akan membantu berputarnya perekonomian bangsa.

Explore posts in the same categories: business & management

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: